Rabu, 14 Oktober 2009

Rahwana Mencari Cinta



Sebenarnya namanya bagus , maksudku nama sebenarnya adalah “ Bagus Yudha Purnama”. Bener kan , nama seperti itu merupakan nama yang sangat baik dan mengandung barokah bagi orang – orang jawa. Artinya tuh seorang “ksatria yang baik dan seperti bulan purnama”. Mungkin saja bapak dan ibunya memberikan nama itu pakek acara semedi dulu, kembang tujuh rupa, mandi di tujuh sumur, atau nyediain bubur merah putih untuk fakir miskin. Sehingga siapapun yang mendengar pasti langsung terpesona. Tapi jangan salah kalo kamu sampek muntah lihat orangnya. Pokoknya ancur – ancuran. Tubuhnya pendek, kurus ceking, suaranya gede kayak mau ngebentak, sukanya marah – marah, dan genit sama cewek . Pendek cerita, nama hanyalah sekedar nama.

Si “ Bagus Yudha Purnama” nih terkenal genit di kampus, makanya teman – teman memberikan sebuah nama baru untuk dia “ BADJOEL“ , yang diambil dari bahasa Jawa Timuran dan kalo di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya “ BUAYA“. Anehnya si Badjoel ini tidak keberatan atas nama barunya, bahkan dia terlihat bangga. Mungkin aja dia jadikan sebagai motivasi menjelajahi dunia ke – PlayBoy-annya.

“ Nggak apa – apa, mau namanya Badjoel kek ato cecak kek yang penting kan tetap keren”, katanya PE-DE.

Dan seketika aku muntah muntah

. “ eh Zal, kalo kita nggak genit dan sedikit buaya, mana ada cewek yang mau sama kita. Aku nggak mau menjomblo kayak kamu !”.

“ Enak aja”, kata ku mengelak, “ aku juga punya cewek yo !”, lanjutku membela diri. “

Yup, kamu memang kekasih yang nggak dianggap”, lanjutnya lagi sambil nyengir meninggalkan aku sendiri.

Satu hal yang paling penting adalah, si Badjoel nih orangnya PE – DE banget. Walaupun bermodal tampang pas – pas-an, dan dompet yang nggak setiap hari terisi, dia masih saja mencari jalan buat genitin mangsanya. Dan Uniknya dia tuh setiap ngelihat cewek yang manis, langsung jatuh cinta. Padahal dia tuh belum kenal sama sekali. Dan kalo Badjoel udah jatuh cinta, dia pasti akan memulai semua jurus mabuknya tentang merayu wanita alias jurus genit. Si badjoel ni nggak akan butuh lama buat ngumpulin semua data tentang target – targetnya. Mulai dari nama sampai alamatnya, dari jurusan dan kelas sampai nomer mahasiswanya, bahkan dari nomer telepon sampek nomer kutangnya si target pun dia pasti dapet. Semuanya dia jalani dengan penuh kenekatan dan sedikit malu – maluin. Bahkan kadang dia tidak peduli bahwa mangsa sudah punya cowok. Makanya sosok badjoel mengingatkan aku pada tokoh Rahwana dalam pewayangan Ramayana. Dimana diceritakan bahwa sang Rahwana selalu mendapatkan semua gadis yang dia inginkan untuk menjadi istrinya, sampek akhirnya dia menculik Shinta istri Rama. Nah, walaupun bukan raksasa, si Badjoel tuh udah bisa dikategorikan sebagai Rahwana millennium dan termasuk makhluk langka yang di lindungi undang – undang.

Lebih aneh lagi, si badjoel ni selalu sukses dalam mencapai cita – citanya, untuk mendapatkan semua gadis, yang menurutnya manis dan patut dimiliki. Dan yang semakin aneh lagi adalah sebagian besar ceweknya adalah anak – anak di bawah umur, maksudnya ABG. Ya seumuran SMP gitu deh. Pernah ada gosip, bahwa si Badjoel nih Pedofilia ato menyukai anak dibawah umur. Namun langsung dia bantah, dengan menggaet seorang cewek di kampusku. Entah metode apa yang dipakek Badjoel dalam menggaet cewek – ceweknya, namun yang pasti ampuh punya.

*******

Jadwal ospek jurusan telah datang, maka datang juga musim balas dendam senior kepada junior. Biasanya tuh, para senior yang balas dendam adalah para senior yang masa ospeknya dulu juga tidak bahagia, pernah dicederai baik secara fisik ato mental sama kakak angkatan. Ato mungkin juga ada senior yang kesal sama dosen karena beberapa mata kuliah yang harus ngulang, dan melampiaskannya kepada Mahasiswa baru ( nggak nyambung banget ya ). Apalagi ospek di jurusanku ini cukup panjang. Sebenarnya formalnya hanya satu bulan, tapi pasti molor nunggu ada seorang korban untuk menjadi Kahima ( ketua Himpunan IT ) yang baru selesai dilantik.

Nah, salah satu kegiatan wajib buat junior di ospek ini adalah acara pengumpulan dana…ops… sorry pengumpulan tanda tangan seluruh kakak kelas dalam Jurusan IT. Dan musim pengumpulan tanda tangan ini digunakan dengan baik oleh hampir semua kakak kelas yang pikirannya cabul, termasuk si Badjoel. Gimana nggak, dengan tanda tangan, para senior punya banyak waktu untuk pendekatan ato bahkan nembak para gadis – gadis muda kelas 1 yang cakep – cakep. Bahkan pernah sekali aku melihat seorang senior yang sedang dimintai tanda tangan , tapi demi masa depan senior ini di kampus PENS - ITS, maka kita rahasiakan saja identitasnya

“kak , boleh minta tanda tangan nggak kak ?”

“ boleh nama kamu siapa ?”

“ Maya dari kelas DIV B, boleh ya kak !”

“ boleh aja, tapi sekarang aku lagi sibuk, gimana kalo ntar malam aja aku kerumahmu buat tanda tangan? Gimana ?”

“boleh kak, sekalian mintain tanda tangan senior yang lain ya !, please”

“ok deh manis, kesiniin bukunya”

Maka mulailah senior ini menjalankan aksinya, mintain tanda tangan ke seluruh senior yang lain. Ini nggak masalah buat dia, karena toh dia bakalan dapetin Maya, cewek manis kelas 1 yang baru dia temuin. Tapi pas si Huri, seorang mahasiswa baru ,cowok yang sedikit bopengan dan berbibir lebar datang minta tanda tangan dia malah berbuat lain.

“enak aja, minta tanda tangan tuh nggak gampang “

“lho kak, katanya Maya kakak enak buat dimintain tanda tangan “

“enak jidatmu, kamu harus bisa jawab pertanyaanku, gimana ?”

“baik kak…”, sambil menelan ludah

“nah dimana BillGate dilahirkan ?”

“Di Amerika kak!”

“betul, tapi pertanyaanya siapa nama dukun beranak yang ngelahirin dia ?”

“Siapa ya ? Mak Erot kali”

“nggak bisa kan, oke deh kamu dihukum, naik ke atas lantai 3, lalu dari atas gedung kamu teriak “ Aku anaknya Bill Gate” ”

“Tapi kak ?”

“nggak ada tapi – tapian , ayo sekarang!!! ato kamu mau nggak lulus ospek, dan sebagai gantinya harus ikut ospek sampek kamu wisuda “

Maka junior yang malang itu naiklah, sambil ngedumel

“ awas, kalo sampek ketemu nanti, aku siramin air gula, biar mampus digigit semut”

*****

Si badjoel biarpun nggak sekejam senior diatas, tapi dia masih aja punya target khusus untuk jadi mangsanya. Namanya Brorin, cewek yang lumayan manis dan kecil. Karena cukup mini si Badjoel memanggil nama Brorin dengan “adek manis”

“ kalo adek manis jadi pacarku, bakalan jadi pasangan serasi “

“lho kok gitu ?”,tanyaku heran

“ soalnya kalo nyium nggak pakek naek keatas kursi lagi, kan sama – sama mini !”, katanya Pede

seperti biasanya kalo si Badjoel ni punya kecengan pasti bakalan diselidikin, makanya semua data mengenai Brorin dia kumpulkan. Bahkan hampir setiap malam dia ada di warnet, hanya sekedar buka friendsternya si adek manis. Dan alhasil dia bisa ngumpulin foto- fotonya Brorin dari Friendster. Dan seperti biasanya juga, si Badjoel nih nggak butuh waktu lama untuk jatuh cinta sama Brorin, maka dia mencari waktu yang tepat kapan dia akan nembak plus pakek tekhnik apa. Karena mungkin dia merasa si brorin ni special, makanya dia mau pakek tekhnik baru buat nembak si Brorin.Apalagi setelah dia tahu si brorin udah punya cowok.

“ Zal, gimana nih, aku mau nembak Brorin, tapi aku nggak punya cara buat naklukin hatinya.”, katanya padaku suatu malam

“tumben, biasanya kamu langsung telpon ato sms target, trus tembak dan sukses “

“Adek manis nih beda, kayaknya aku benar benar jatuh cinta sama dia, nggak kayak yang dulu – dulu.”

“ ya udah datengin aja, bawak bunga trus tembak. Beres kan !”

“ dasar kamu DJ, nggak bisa punya rasa romantis “

“apaan tuh DJ ?”

“ Dedengkot Jomblo !”

“ Setan ! aku sumpahin kamu DJ juga”

“ sorry deh Zal, bukan itu maksudnya. Adek manis nih dah punya cowok , aku mau dia tuh pas aku nembak milih aku daripada cowoknya”

“ Gila kamu ya ! cewek udah punya “anjing” masih mau di tembak. Apa kamu mau jadi “anjing” kedua. Ingat Djoel dua “anjing” dalam satu rumah nggak akan pernah harmonis .”

“ Jangkrik ! filosofi kamu tu jauh banget, nyamain Arjuna yang dimabuk asmara ini dengan Anjing ”

lagi – lagi aku muntah dengerin PE-DE nya Badjoel

kali ini kok aku kayaknya kasihan juga ngelihat Badjoel,.Aku berpikir mungkin Rahwana harus benar – benar menculik Shinta dari Rama. Bukankah cinta memang harus diperjuangkan. Cinta kadang nggak kenal akal sehat, dan mungkin siapa tahu kalo Rahwana ato badjoel bisa dapatkan Shinta, maka dia akan sadar. Punya pelabuhan terakhir dalam hatinya. Minimal Badjoel nih punya pikiran buat ngejar cintanya biarpun itu salah, sesuatu yang nggak aku lakukan selama ini. Maka rasa kejombloanku bicara, aku harus Bantu Rahwana. Ya Aku harus bantu si badjoel.

Dulu pas aku masih ngotot buat ngejar Ella jadi cewekku, aku punya sebuah cara. Dengan video. Ya, seperti video ucapan. Disitu ada animasi, foto-fotonya Ella, dan lagu romatis. Nggak ketinggalan juga puisi – puisiku. Dengan video ini Ella bakalan ingat sama aku meski sekarang kayaknya udah nggak bakalan ditonton, ato malah jadi hiasan dinding.

“ Djoel, kamu tahu sama video yang aku kirimin ke Ella, pas dia ultah”

“ ya, yang kamu abis ditolak itu kan !”

“ Enak aja, maksudku gimana kalo kamu kirimin video kayak gitu juga buat adek manis kamu itu”

“ boleh juga, tapi kamu yang bikinin ya !”

“ asal ada akomodasinya !”

“ dasar mata duitan, ya deh entar masalah rokok beres.”

Maka mulailah proses produksi pembuatan mini video itu di kostku, yang merangkap studio editing. Banyak konsep yang beda antara aku ma Badjoel. Salah satunya, aku kan pingin bahasanya romatis, jadi pakek puisi – puisi gitu, tapi si badjoel malah merasa itu Cuma buang – buang kata –kata. Menurutnya dia lebih suka to the Point aja ( sekarang siapa yang nggak romatis ). Misalkan pas adegan penembakan, aku kasi tulisan “ Akankan kau menjadi bintang dalam hidupku ? akankah ?“ tapi si badjoel ganti “ Aku mau kamu ninggalin cowokmu, dan jadi cewekku, gimana ?“. Norak banget nih anak, tapi apa boleh buat, aku kan Cuma editor, dia sutradaranya. Ato mungkin cewek butuh kata – kata kayak gitu daripada puisi. Buktinya si badjoel selalu sukses dapetin cewek sedangkan aku naksir cewek satu aja sejak SMP ditolak terus.

Pendek cerita akhirnya video itu selesai. Si badjoel memberikan video itu, dengan alasan kado ultah.

“ Bro…nih kado ultah buat kamu “

“lho mas Bagus, kan ultahnya Brorin dah lewat 7 bulan “

“ ya anggap aja kado buat tahun depan, aku kasik sekarang “

“ wah makasih ya mas”

“ eh, ngomong – ngomong disitu ada pertanyaan yang mesti kamu jawab, ada sagu ada talas, aku tunggu kamu balas!”

“ya deh ntar aku sms”, jawab Brorin sambil senyum manis.

******

Tahu nggak, kalo yang namanya cinta itu bisa bikin Rahwana seperti Badjoel pun harus berkelakuan kayak petruk. Bayangin aja, hampir tiap malam dia nungguin sms balasan dari Brorin. Yang jadi korban tentu saja temen curhatnya. Hidupku beberapa hari ini kayak jadi pelampiasan emosinya si badjoel.

Hingga suatu malem Badjoel di balas sms nya sama si Brorin

“ makasih kadonya, kadonya lucu

Badjoel kirain itu adalah awal dari sifat simpati adek manis yang udah mulai cinta ma dia. Lalu langsung dia serang dengan sms juga

“ trus gimana jawaban dari pertanyaanku, mau nggak jadi cewekku “

nasib sial akhirnya datang juga, ternyata sms brorin malam itu adalah yang terakhir. Nggak ada lagi sms jawaban.

“ Zal kamu gimana sih ? katanya bakalan sukses ! tapi kok malah gantung kayak gini “

“kamu ini juga gimana si Djoel, kan dah aku bilang kalo jurus video itu aku pakek buat Ella, dan kamu tahu sendiri kalo aku selama ini ya juga di gantung sama dia, setiap kirim sms pasti nggak pernah dibalas. Jadi video itu ya juga belum 100 % ampuh”

“lho katanya si Joe juga bikin buat ceweknya”

“Iya, tapi kan si Joe abis itu putus ma ceweknya”.

“ Aduh …..”, si badjoel langsung pingsan

******

Setelah kejadian itu si badjoel jadi pendiam. Kayaknya hatinya ancur banget. Sekarang dia tahu rasanya menjadi “ kekasih nggak dianggap “ seperti yang dia bilang ke aku. Aku sebagai teman juga berusaha ngibur dia, mulai dari ngelenong didepan badjoel sampek main sirkus udah dilakuin. Tapi Badjoel nggak bergeming tetap ingin melanjutkan masa – masa sedihnya.

Mungkin ada hikhmak dari semua ini, ya bisa saja Badjoel belajar dari pengalaman ini. Pertama kalinya nggak dianggap sama cewek. Dengan kegagalan ini dia bisa tahu, bahwa cinta tuh nggak hanya butuh sok – sokan dan asal tembak. Cinta itu butuh proses. Badjoel ni species yang aneh, dia begitu cepat jatuh cinta tapi kalo seandainya putus dia begitu lambat ngelupainnya. Dia harus belajar dari itu.

Beberapa hari ini aku nggak lihat Badjoel. Mungkin saja dia masih sakit hati. Sampek suatu hari aku cangkruk sama temanku Wiro di warung.

“ Wir, Badjoel mana ya? Nggak pernah main ke kostku lagi !”

“ kamu ni ketinggalan jaman men “

“ ketinggalan apanya ?”

“ Badjoel dah punya Cewek baru ?“

“Apa ? sama Brorin?”, aku shock mendengarnya, akhirnya Brorin mau nerima dia.

“ Bukan, sama Ima, anaknya pemilik kost dekat warung Timur…tahu nggak zal, jadiannya tuh aneh banget “

“aneh gimana ?”

“ si badjoel tuh ketemuan abis isya’ pas dia lagi makan di warung,

“ trus ?”

“ ya , malamnya sebelum tidur dia tembak , dan paginya …. Badjoel jadian !”

“ Hah !!!”

Ternyata yang namanya Badjoel tetaplah Badjoel, Rahwana itu tetap akan jadi Rahwana, sebanyak apapun luka yang dia terima dalam peperangan. Ya aku salah memprediksi badjoel bakalan insyaf setelah ditolak Brorin, ternyata malah menjadi pemegang rekor jadian tercepat dalam sejarah per – Buaya an.

********

5 komentar:

  1. ternyata jadi Rahwana itu bagus dan perlu dicontoh

    BalasHapus
  2. cerita Playboy berhati Setan..hehehhe

    BalasHapus
  3. Buat Badjoel,,sadar joel..sadar

    BalasHapus
  4. eh2....ni namanya pembunuhan karaketer secara humor....okelah kalo begitu......bagi yg mau minta tanda tangan c "rahwana" hubungi yg pnya blog......

    BalasHapus
  5. hehehe...rahwana itu punya 100 kepala joel..jadi kamu nggak bakalan terbunuh karaktermu..heheh..eh Multi Client-mu dah jalan,,kapan ke kost

    BalasHapus

Tanya Mbah Google

Shout Me !!!


ShoutMix chat widget