Kamis, 15 Oktober 2009

Surat Cinta




Bingung juga jadinya kalau kamu yang terbiasa jadi jomblo tiba – tiba punya pacar. Yang lebih membingungkan lagi kalau pacar kita itu bukanlah orang yang kita cintai. Kamu bisa bayangin aja, gimana waktu kita tahu kalau incaran kita masih berkeliaran di luar sana, sedangkan kita harus mesra – mesraan sama orang lain. Pasti gerahnya bukan main. Apalagi kalau seandainya incaran kita itu tahu, kalo kita udah punya cewek dan dia bukannya sedih karena kita udah nggak ngejar dia lagi, tapi malah ngasik tepuk tangan dan ucapan selamat.

*******

Kisah ini sebenarnya terjadi waktu aku masih SMP kelas 3. Masih imut – imutnya, dan juga lagi malu – malunya sama cewek. Waktu itu juga ada ospek di sekolahku. Sebagai salah seorang senior, aku bisa dibilang paling sangar. Hampir semua anak kelas 1 takut sama aku. Dan karena kejadian yang menimpaku ini, sampai aku kuliah sekarang aku nggak berani sangar lagi.

Seperti biasa, sebagai senior aku harus suka marah – marah. Minimal itu yang ada dalam pikirannya anak SMP kayak aku. Nah suatu hari aku disuruh marah marah ke anak baru sama teman – teman yang lain. Melihat anak – anak kelas satu yang di setrap di depan kelas, aku langsung kegirangan. Pasang muka sangar, volume suara dinaikkan, dan jalan yang dipelankan, persis seperti VOC di jaman penjajahan. Di salah satu anak baru yang disetrap ini ada seorang anak cewek yang kayaknya dia aku kenal. Setelah di ingat – ingat ternyata dia adik kelasku di SD. Aku jadi lebih sering sangar ke dia. Sedetik kemudian da ngeluarin airmata.

”lho, kok kamu nangis sih ? digituin aja nangis”, kataku masih bernada tinggi

”Ampun kak !”, jawab anak itu sambil sesenggukan

”Ampun apanya ? nggak di apa – apain kok ?”

“itu kak, resletingnya kebuka !! saya takut”, tangisannya makin jadi

”AKkkkhhhhhhh”, aku teriak histeris.

Setelah kejadian itu aku nggak berani keluar kelas yang aku dampingi. Apalagi lewat kelasnya anak cewek yang melihat hal yang tidak senonoh tadi. Aku jadi trauma. Hingga suatu saat aku dipanggil bu Sulis, pembina Osis yang jadi penanngung jawab Ospek untuk memberikan daftar absensi para guru yang mengisi materi ospek. Sebenarnya aku males banget buat menghadap bu Sulis, karena ternyata aku dipanggil di kelas 1F, kelas anak cewek yang aku bikin nangis tadi. Tapi berhubung yang manggil tuh si Ella, aku jadi semangat buat ke bu Sulis. Ya, kebetulan bu Sulis memang lagi ngisi materi ospek di kelas 1F, dan Ella ini adalah senior yang mendampingi kelas tersebut. Dengan langkah riang aku berjalan menuju bu Sulis.

Urusan dengan bu Sulis memang sebentar, tapi aku nggak langsung ke kelasku. Aku masih ngecengin Ella di luar kelas. Moment yang emang di tunggu – tunggu

”Zal, tuh di dalem ada anak cewek, cakep lagi”, kata Ella

”Mana ? akh nggak ada yang cantik”, kataku sambil pura – pura nggak tertarik

Aku emang harus sok nggak tertarik sama anak yang dibilang Ella, takut dijebak sama Ella. Tahu sendiri kan, waktu itu aku masih jadi ”secret admire” – nya dia. Ntar kalo aku tertarik, disangka mata keranjang lagi. Dasar anak kecil !!!!

”bener kok, tuh lihat sendiri !”, kata dia lagi

”yang mana sih, biasa semua kok”, aku masih sok jaim

”Yang itu lho, namanya Cyntia...”,

”Oh itu tah ! biasa kok”

”Kamu tuh ya !!! ”

Aku bilang biasa bukannya nggak tertarik, tapi waktu melihat anak yang bernama Cyntia itu, ada kenyataan yang mengejutkan. Ternyata dia satu bangku sama anak cewek yang aku bikin nangis tadi, dan dengan wajah galak nunjuk – nunjuk kearahku. Mungkin aja dia lagi menceritakan pengalaman mengerikannya itu ke Cyntia. Aku langsung balik ke kelas.

*******

Ternyata anak yang bernama Cyntia ini terkenal diantara banyak kalangan senior. Emang jadi rebutan kayaknya. Aku sendiri sebenarnya nggak ngerasa terlalu istimewa sama anak ini. Tapi melihat antusiasme temen – temen ku yang selalu ngobrolin dia, aku jadi tertarik juga akhirnya. Tapi aku lakukan diam – diam, takut ketauan Ella tau Devi Bahkan hari ini anak – anak lagi masang sayembara, barang siapa yang bisa merebut hatinya Cyntia, dia bakalan di nobatkan sebagai ”Man of The Year”.

Nanggapin sayembara itu aku sebenarnya nggak terlalu tertarik, tapi ngelihat kelakuannya Febri teman kelasku yang suka genit sama Devi, aku jadi ikutan sayembara ( lho ko ? hubungannya apa bung ?) . ya, semua sekolah tahu kalau febri ini adalah cowok di kelasku yang paling ngebet sama Cyntia. Walaupun bertubuh kerdil, tekadnya besar untuk membuat Cyntia menjadi pelabuhan hatinya. Tapi ya, sikap ganjennya sama semua cewek masih berlaku. Apalagi hari ini dia godain si Devi. Anak SMP yang dibakar cemburu lebih berbahaya dari sepuntuk rokok yang yang dijatuhkan di bensin. Lebih membara.

Tanpa pikir panjang, aku ikutan sayembara. Sekarang yang jadi masalah, aku ini kan pemalu sama cewek. Jadi mana berani aku bersaing dengan para tukang sirkus seperti Febri dan yang lain.

Akhirnya aku minta bantuan Sarah, adik kelasku di SMP yang juga adik kelas di SD. Hubunganku sama Sarah emang dekat, selain adik kelas dia juga temen ku di teater. Jadinya perkecualian sama dia, perasaan malu nggak ada. Aku minta bantu Sarah untuk menyampaikan surat cintaku buat Cyntia.

”Sar, tolongin donk... please !!!”, ku mengemis pertolongan Sarah

”Males akh...masak urusan begituan minta tolong”, jawab Sarah

”Ya, kalau bukan kamu siapa lagi...kamu tinggal ngasikkan surat itu kok”

”Aduh...gimana ya !! oke deh !! mana suratnya ?”

”nah itu dia Sar, aku kan nggak pernah punya cewek..jadinya nggak tahu bikin surat cinta...jangankan bikin, kayak apa tuh surat cinta aku nggak tahu..”

”Trus...yang mau aku kasik apa?”

”Ya...Suratnya sekalian kamu yang bikinin! Kamu kan pinter ngarang”

”Rizallllll....”, Sarah menjerit

”Please.....”, aku memaksa.

*********.

Nggak tahu caranya gimana akhirnya Sarah bisa bikin surat cinta buat Cyntia. Siang ini aku dapet surat balasan dari Cyntia. Gimana nggak seneng ? ini adalah rekor sejrah dalam hidupku. Pertama kalinya dapa surat cinta. Isinya mengejutkan :


Buat mas Rizal, Cyntia tahu kok sama mas Rizal. Tapi Cyntia kurang yakin sama mas Rizal, masak belum kenalan kok udah jadian.... tapi Cyntia akan akan jawab pertanyaan mas Rizal bulan Desember. Pas Cyntia ultah.... Bye

Cyntia


Itu kira – kira surat dari Cyntia. Surat aslinya nggak ada, udah dibakar sama nyokap setelah ketahuan aku punya pacar, padahal masih kelas 3 SMP. Karena masih awam sama bahasa surat cinta, aku minta bantuan Andi temenku untuk menerjemahkan maksud yang terkandung didalam surat itu.

”Wah, Zal kamu tuh beruntung !!!”, kata Andi

”Beruntung apanya ? ”, Tanyaku bego.

”Ya, ini artinya Cyntia sebenarnya udah suka sama kamu, tapi masih malu”, jawab Andi bak dokter cinta

””Ooooooooo, gitu ya ?”, aku yang masih bego menurut aja.

”Ya, kamu balas saja suratnya, paksa buat jawab sekarang”, kata Andi lagi

”Aku nggak berani maksa An ! takut dosa !”

”akhh, nggak apa – apa. Atau kamu kirim surat isinya sok aja kamu mau nunggu dia”

”Ya, deh bikinin suratnya ya !”

”Nggak...”, kata Andi sambil berlalu

Aku sendirian bengong mikirin caranya membalas surat ini. mau minta tolong Sarah, udah bukan bidangnya Sarah kalau urusan cowok kayak gini. Akhirnya dengan semangat juang tinggi aku membalas suratnya ( tanpa rekayasa ):


Buat Cyntia...nggak apa – apa kamu mau jawab bulan desember. Tapi aku mau nunggu kamu sampek Desember, boleh ya ?

Dari Rizal


Bayangin aja, anak keci kayak aku bisa bikin surat kayak gitu. Kalau ketahuan Badan Sensor Surat Indonesia ( BESI ) pasti nggak lulus sensor. Dengan nekat aku kirim surat itu lewat seorang teman sekelas Cyntia. Deg – deg an juga aku nunggu balasan surat itu. Apalagi aku ngirimnya pas istirahat. Takut ketahuan orang lain, trus suratsurat itu dirampas. Itu lho seperti di Filmnya Andy lau. Dimana surt rahasia dari kerajaan Han dirampas oleh perampok, sehingga terjadi pertumpahan darah. Yang kutakutkan senior yang lain akan merebut surat keramat itu.

Dasar anak SMP, emang sedikit pemikiran. Ngirim surat cinta jam isirahat, pulang sekolah udah dapet balasan. Teman yang aku suruh jadi kurir tadi, ternyata jadi kurirnya Cyntia juga. Balasannya kali ini lebih mengejutkan :


Buat mas Rizal, kok malah maksa nunggu Cyntia sih... yaudah deh kalo gitu kita jadian aja sekarang. Cyntia juga suka kok sama mas Rizal.

Dari Cyntia


Aku nggak tahu harus melakukan selebrasi kayak apa, atau harus berkata apa waktu aku baca surat itu di pagar sekolah. ”Gila....”, Cuma itu yang ada di benakku. Apalagi di depanku Cyntia datang mendekat. Hah...dia mendekati aku. Padahal aku nggak siap. Tanpa pikir panjang aku melarikan diri ke atas becak langgananku. Hal bodoh yang aku lakukan dan aku sesali seumur hidup. Kenapa mesti lari ?, dan dari jauh aku lihat wajah Cyntia yang kecewa, karena melihat pangerannya lari.

”Gobloooook!!!!”, kataku dalam hati.

********

Percaya nggak percaya, aku dan Cyntia jadian selama 2 minggu, dan tidak pernah ketemu, belum pernah jalan barang,ngobrol, pegangan tangan, atau apapun yang biasanya dilakuin anak ABG kalo lagi pacaran. Aku masih belum bisa mengatasi rasa pemaluku. Jadi setiap ada Cyntia aku langsung terbirit – birit melarikan diri.

Walaupun demikian, aku dan Cyntia tidak kehilangan romantisme. Aku masih sering surat – suratan sama dia. Ya...karena waktu itu HP di pamekasan masih jarang, jadinya Cuma surat – suratan. Tapi sumpah mati, romatisnya lebih kerasa daripada sms.

Hubunganku sama dia terus berlanjut dengan surat. Hingga suatu hari aku dipanggil nyokap karena ketahuan nyokap lebih sering bikin surat cinta daripada belajar. Aku dimarahin habis – habisan waktu itu. Aku berpikir, kenapa sih nyokap sirik banget, apa dia belum pernah punya pacar waktu smp. Nggak cukup dimarahi, aku juga dilaporkan ke guru konselingku di sekolah. Dipanggil seharian buat di interogasi sekolah. Kenapa dunia pada sewot waktu aku lagi punya cewek, itupun Cuma berjalan 30 hari.

Dan akhirnya, dengan ancaman pihak sekolah untuk tidak meluluskan aku jika tetap berpacaran sama Cyntia dan ancaman Nyokap nggak mau kasi ijin naik motor aku terpaksa harus mutusin Cyntia. Pilihan yang sulit memang, masak aku yang nembak aku yang mutusin. Kayak lagu dangdut ”kau yang nyalakan, kau yang padamkan”.. Seperti kasus penembakan, untuk putus aku tulis sebuah surat buat Cyntia :


Buat Cyntia

Maafin aku ya dik! Aku mesti mutusin adik !!!maafkan aku ya

Dari Rizal


*********

Aku nunggu balasannya Cyntia, udah 2 hari dia nggak balas. Mungkin dia kaget sama keputusanku yang mendadak dangdut eh ...mendadak putus. Di hari ke 3 aku dapat kabar dari Febi temannya Cyntia, kalo Cyntia masuk rumah sakit dan sakit setelah aku putusin. Tapi aku nggak bakalan bisa balik lagi sama dia, karena mungkin itu yang terbaik buat Cyntia. Dia bakal kecewa terus kalau sama aku. Walaupun tidak pernah ngobrol dan jalan bareng aku masih memiliki memori indah jika ingat nulis surat cinta hampir tiap hari selama sebulan ke dia.

Aku kenal Cyntia 2 hari, Jadian 30 hari, dan di hari ke 7 setelah aku putus, aku mergokin dia lagi bonceng berdua dengan mesra sama Beni, sepupuku yang juga teman seangkatan di SMP. Kayaknya Cyntia udah menemukan orang yang cocok buat dia. Orang yang nggak hanya sekedar bisa bikin surat!!!!

”he..he..he...”, aku ketawa ringan siang ini menuju rumah, setelah tahu Cyntia jadian sama Beni.

*******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanya Mbah Google

Shout Me !!!


ShoutMix chat widget